Selasa, 03 Maret 2009

WASPADAI BAHAYA KEMAKMURAN

Penulis : Pdp. Imanuel Intan Sukandar

Pengkotbah : Pdt. Agung Takariana

Ibadah II : 22 Februari 2009

WASPADAI BAHAYA KEMAKMURAN

“Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.” Amsal 30:8

Berbahagialah Anda yang saat ini menjadi pengerja dan jemaat di Gereja Bethany Fresh Anointing, Anda berada ditempat yang tepat dan di tanah yang subur. Mengapa demikian? Banyak orang berpandangan bahwa Gereja ini memiliki spesifikasi Gereja yang dapat “mencairkan berkat Allah”. Orang-orang besar dan orang-orang kaya akan bangkit diantara Anda yang tergabung di Gereja ini. Namun sebelum Anda mendapatkan berkat yang besar tersebut, Anda harus dipersiapkan terlebih dahulu agar berkat tersebut tidak membuat Anda meninggalkan Tuhan.

Dalam Ulangan 8:17-18 menyatakan bahwa Tuhan telah memberikan kekuatan kepada kita untuk memperoleh kekayaan. Itulah kehendak Tuhan dalam hidup Anda. Itulah takdir Anda yaitu menjadi orang yang sangat sangat sangat diberkati. Percayalah, 3-5 tahun kedepan yang menjadi orang-orang besar dan konglomerat di Bandung, Jakarta, Jatibarang, Cirebon, dan Yogyakarta adalah Anda!!! Kitab Yeremia 29:11 mengatakan “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan yang ada padaKu mengenai kamu …” memberitahukan bahwa rancangan Tuhan terlalu banyak dalam hidup kita. Rancangan Tuhan adalah rancangan yang memberikan hidup dan masa depan yang penuh harapan dan bukanlah rancangan kecelakaan. Desain Allah dalam hidup Anda adalah menjadi orang yang diberkati. Apapun keadaan Anda hari ini percayalah Anda akan menjadi orang yang sangat diberkati karena Tuhan telah memberikan kekuatan kepada Anda untuk memperoleh kekayaan. Jika Anda tidak diberkati berarti ada yang salah dalam hidup Anda.

Iblis adalah musuh utama Anda, dia akan selalu berusaha menjatuhkan Anda. Tujuan iblis hanya satu yaitu agar setiap orang meninggalkan Tuhan dengan cara apapun. Ada 2 strategi iblis dalam dua zaman yang berbeda yang perlu Anda tahu.

1. Strategi iblis dimasa lalu adalah membuat orang menjadi miskin maka orang tersebut akan meninggalkan Tuhan. Sebagai contohnya adalah Ayub. Iblis memohon ijin kepada Tuhan agar mencabut pagar perlindunganNya terhadap Ayub sehingga Ayub jatuh miskin, terkena sakit penyakit dan ditinggalkan oleh orang-orang terdekatnya. Sekalipun Ayub diuji begitu dahsyat namun Ayub tidak meninggalkan Tuhan. Iblis berpikir bahwa penderitaan dapat membuat orang meninggalkan Tuhan. Seiring dengan waktu maka strategi iblis zaman sekarang sangatlah berbeda.

2. Strategi Iblis zaman sekarang adalah membiarkan umat Tuhan diberkati berlimpah-limpah. Setelah Anda di berkati, iblis akan mencari siasat untuk menjatuhkan Anda melalui kekayaan Anda. Banyak orang Kristen kuat untuk menderita namun sedikit yang kuat untuk kaya. Ketika Anda belum memiliki apa-apa, Anda tidak dapat berbuat banyak karena terbatas dengan keadaan Anda. Namun setelah Anda diberkati, Anda dapat melakukan banyak hal dan disinilah iblis akan mempengaruhi Anda dengan tujuan menjatuhkan Anda.

Tuhan dapat memberkati Anda belimpah-limpah, limpah-limpah semudah Anda membalikan telapak tangan, namun iblis juga dapat “memberkati” Anda dengan kuasanya. Pemberian yang berasal dari Tuhan semata-mata adalah berkat, namun pemberian dari iblis adalah kutuk/meminta imbalan. Tuhan ingin Anda fokus terhadap pribadiNya dan bukan berkat-berkatNya. Jika Anda fokus terhadap berkat-berkatNya maka ada 3 sikap yang diambil Tuhan untuk Anda.

  1. Tuhan akan mengambil semua berkat yang menjadi kebanggaanmu.
  2. Tuhan akan memberi sanksi dalam hidupmu dengan berbagai peristiwa.
  3. Tuhan akan mengambil berkat yang Anda miliki dan juga akan memberi sanksi.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Berdoalah seperti ini “berikanlah berkat (kekayaan) kepadaku sesuai dengan bagianku dan kapasitasku”. Biarlah setiap berkat yang Anda terima membuat Anda semakin mengasihi Tuhan. Semakin Anda diberkati haruslah semakin sungguh-sungguh berdoa, Ibadah, bergabung dalam kelompok sel, mengikuti ibadah doa Pondok Daud, dll. Kiranya Kemurahan Tuhan menyertai Anda. Tuhan Yesus memberkati. (is)

Tidak ada komentar: