Rabu, 04 Maret 2009



“Carilah TUHAN, maka Anda hidup”

“Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: "Carilah Aku, maka kamu akan hidup!”

Hari ini Tuhan berfirman kepada Anda : “Carilah AKU, maka kamu hidup”. Apapun keadaan Anda saat ini, carilah Tuhan dan katakanlah “Tuhan itu baik”. Mudah bagi Anda berkata “Tuhan itu baik” saat keadaan Anda baik-baik saja, namun dapatkah Anda berkata seperti itu saat keadaan Anda sedang tidak baik? Jika Anda dapat berkata “Tuhan itu baik” saat keadaan tidak baik, itu adalah korban bakaran yang menyenangkan hati Tuhan. Carilah Tuhan dan jangan mencari Betel, Gilgal dan Bersyeba. Apakah yang dimaksud Betel, Gilgal dan Bersyeba itu :

  1. Betel adalah rumah Allah dan ini berbicara tentang segala sesuatu yang menjadi keperluan dan kebutuhan Anda. Bagi seorang Pendeta, Betel berbicara segala sesuatu yang diperlukan oleh Gereja (alat musik, sound system, gedung, kursi, mimbar, dll) namun Betel bagi Pengusaha berbicara tentang modal, tempat, order, kantor, cash flow, dll. Apakah yang sedang Anda cari saat ini? Apakah Betel menjadi tujuan Anda? Tuhan berkata “Carilah AKU, maka kamu hidup”. Saat Anda memutuskan untuk mencari Tuhan mulai hari ini, maka Betel akan diberikan kepada Anda.
  2. Gilgal adalah tempat umat Allah disunat dan hal ini berarti tentang jiwa-jiwa. Gilgal juga dapat berarti kehormatan. Seorang Pendeta akan dihormati jika memiliki jemaat yang besar. Pengusaha akan dihormati jika memiliki banyak kantor cabang dan memiliki banyak karyawan. 2 hal tersebut diatas bukan rahasia umum lagi. Bagaimana dengan Anda? Carilah Tuhan maka kehormatan akan menjadi bagianmu.
  3. Bersyeba adalah sumur yang digali Abraham, ini berbicara tentang kehidupan. Bersyeba melambangkan pertolongan dari pihak lain. Seringkali seorang Pendeta lebih mengandalkan pertolongan Pengusaha yang menjadi jemaatnya. Bagi seorang Pengusaha pertolongan dari partner bisnis menjadi ketergantungannya. Tuhan ingin Anda mencari pertolongan Tuhan, dan bukan dari “pihak lain”. Saat Anda mencari Tuhan maka semua pertolongan Tuhan menjadi bagian Anda.

Carilah Tuhan dan jangan mencari yang lain. Teladanilah hidup orang-orang yang mencari Tuhan. Jangan mencari “emas” dinegeri yang jauh karena ada “emas” ditangan Anda. Apa maksudnya? Tuhan sudah menetapkan Anda seorang bapak yang harus diteladani, oleh karena itu berhenti mencari “bapak-bapak yang lain”. Bapak Bethany adalah Pdt. Alex Abraham Tanuseputra teladanilah beliau. Bapak Bethany Fresh Anointing adalah Pdt. Agung Takariana teladanilah beliau. Saat ini mungkin Anda bertanya “apakah mencari Tuhan itu?”. Ada 5 definisi Mencari Tuhan yang perlu Anda tahu (2 Tawarikh 14:2-15) :

  1. Mencari Tuhan adalah Melakukan apa yang BENAR DAN BAIK dihadapan Allah. Banyak orang hanya melakukan yang baik dihadapan manusia. Seorang bawahan melakukan yang baik saat ada pemimpin, seorang suami bersikap baik hanya saat ada istri didekatnya, seorang anak hanya melakukan yang baik saat bersama dengan orang tuanya. Namun saat pemimpin, istri/suami, orang tua sedang tidak ada melihat Anda, apakah Anda tetap melakukan yang baik? Saya percaya, jika Anda melakukan yang baik dihadapan Tuhan maka itu juga baik bagi pemimpin Anda, istri/suami Anda, orang tua Anda.
  2. Mencari Tuhan adalah Mencintai Tuhan lebih dari SEGALANYA. Singkirkan berhala-berhala dalam hidup Anda. Ada orang yang berhalanya adalah uang, segala sesuatu selalu diukur dengan uang. Ada orang yang berhalanya adalah seks, terikat dengan pornografi (di handphone/laptop,dll), onani/masturbasi,dll. Ada orang yang berhalanya adalah pelayanan, lebih suka pelayanan mimbar daripada duduk diam dihadirat Tuhan. Bagaimana caranya menyingkirkan berhala-berhala tersebut? Jadikanlah Tuhan sebagai Raja Anda, biarlah hanya Tuhan yang memerintah hidup Anda dan bukan diri Anda lagi.
  3. Mencari Tuhan adalah MEMATUHI Firman Allah. Lakukanlah setiap Firman Tuhan yang ad baca setiap hari. Lakukanlah setiap Firman Tuhan sesederhana apapun. Lakukanlah Firman Tuhan yang disampaikan oleh setiap Hamba Tuhan di Gereja ini.
  4. Mencari Tuhan adalah MENGANDALKAN Tuhan. Anda perlu mengandalkan Tuhan dalam hidup Anda. Keberhasilan datangnya hanya dari Tuhan. Apapun kemampuan Anda, tingkat pendidikan Anda, pengalaman Anda, namun tanpa kemurahan Tuhan maka semuanya itu sia-sia. Hanya dengan mengandalkan Tuhan maka hidup Anda akan menjadi lebih hidup. Pegang setiap janji-janji Tuhan dalam hidup Anda dan percayalah dengan segenap hatimu bahwa itu akan terjadi.
  5. Mencari Tuhan adalah TEKUN DAN SETIA kepada Janji Tuhan. Yusuf adalah orang yang setia menunggu promosi dari Tuhan sekalipun keadaannya harus direndahkan. Mungkin saat ini Anda direndahkan atau dipandang sebelah mata oleh orang-orang disekelilingmu, tetapi percayalah saat Anda direndahkan ditempat yang paling rendah maka tinggal tunggu waktu untuk Anda mulai naik dan bangkit lagi. Jika Anda mencari Tuhan dengan tekun dan setia pada janji Tuhan maka Tuhan akan meninggikan keadaannmu yang dahulu direndahkan. Lakukan 5 hal ini dan lihatlah perbedaannya, keadaan Anda (pekerjaanmu, bisnismu, keluargamu, pelayananmu, masa depanmu) akan menjadi lebih hidup. Tuah Yesus Memberkati. (kotbah Pdt. Agung Takariana, 1 Maret 2009/pdp.imanuelintansukandar)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mau tanya dong maksudnya duduk diam di hadirat Tuham itu apa?

Unknown mengatakan...

Shallom Yoan Tj..salam kenal..😊 Kalo menurut saya maksud duduk diam di hadirat Tuhan itu artinya kita masuk dalam pujian dan penyembahan Yoan sampai kita mengalami dan merasakan sendiri hadirat Tuhan sendiri hadir dalam pujian n penyembahan..semoga bisa membantu yaa ..God bless you