Selasa, 03 Maret 2009

KEMURAHAN VS MASALAH

Kemurahan Tuhan VS Masalah

Pdp. Imanuel Intan Sukandar (Youth Pastor)

Tahun ini adalah Tahun dimana Tuhan akan bermurah hati bagi kita semua tidak terkecuali anak-anak muda. Kemurahan Tuhan adalah pemberian yang diberikan kepada kita bukan karena perbuatan kita namun semata-mata karena kebaikan dari Tuhan. Jadi apabila Tuhan sedang “berbaik hati” kepada kita maka kemurahanNya akan berlimpah dalam hidup kita.

Salah satu contoh anak muda yang menerima Kemurahan Tuhan dalam Alkitab yaitu Daniel. Ketika Daniel dimasukkan dalam Gua Singa, Kemurahan Tuhan menyelamatkannya dengan cara mengatupkan setiap mulut singa-singa tersebut. Daniel diambang kematian namun selamat oleh karena Kemurahan Tuhan. Daniel berada dalam masalah besar namun diluputkan karena ada Kemurahan Tuhan dalam dirinya.

Apa yang membuat Daniel menerima Kemurahan Tuhan yang menyelamatkan jiwanya dari singa-singa tersebut? Ada 3 hal yang dilakukan Daniel sehingga Allah bermurah hati kepadanya.

  1. Daniel Memutuskan Untuk Tidak Menikmati Santapan Raja (Daniel 1:8)

Apa aplikasinya dalam kehidupan anak muda? Santapan raja melambangkan kenikmatan dunia. Daniel memutuskan untuk menolak setiap kenikmatan dunia, Daniel lebih memilih untuk “menikmati” Tuhannya daripada banyaknya kenikmatan yang ditawarkan oleh dunia. Inilah yang harus kita contoh dari Daniel. Seringkali kita memilih untuk “memuaskan” jiwa kita selama kita masih muda dengan hal-hal duniawi yang sia-sia. kita lebih sering menghabiskan waktu kita hanya untuk hal-hal menyenangkan yang sifatnya sementara seperti Game Online, Malam Mingguan ditempat-tempat tertentu, dll.. Maksudnya sementara adalah merasakan kesenangan sekarang tanpa berpikir hari esok.

  1. Daniel Memiliki Roh Yang Luar Biasa (Daniel 6:4)

Untuk memiliki tubuh yang ideal kita dapat pergi ke tempat Fitness atau Gym. Untuk memiliki jiwa yang sehat kita dapat melakukan semua yang kita senangi tanpa terikat sbeuah peraturan seperti berjalan-jalan, nonton, berpacaran, kumpul-kumpul, dll. Itulah prinsip dunia. Namun bagaimana memiliki roh yang luar biasa/sehat? Tidak ada cara lain selain mendekat dengan Tuhan. Kejarlah segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan dan hal-hal rohani. Banyak membaca Alkitab, buku rohani, mendengar lagu rohani, mendengar kotbah baik di Ibadah, Kelompok Sel dan Pondok Daud akan membuat roh kita semakin kuat dan sehat. Roh yang luar biasa bukanlah berbahasa roh yang keras namun karakter yang semakin diubahkan oleh Tuhan.

  1. Daniel Berdoa dan Menyembah Tuhan Tiga Kali Sehari (Daniel 6:10)

Inilah yang paling sulit. Daniel memiliki gaya hidup seorang penyembah Tuhan dalam berdoa dan memuji Tuhan. Daniel memiliki pola hidup yang senang beribadah kepada Tuhan. Tidak mudah untuk memulai sebuah kebiasaan beribadah, berdoa dan menyembah Tuhan secara pribadi setiap hari, namun hal ini bukan berarti kita tidak dapat melakukannya. Biasakanlah untuk berdoa dipagi hari sebelum kita sekolah, kuliah atau bekerja. Biasakanlah untuk berdoa sebelum kita tidur. Biasakanlah untuk berdoa tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu. Milikilah kehidupan yang selalu berhubungan dengan Tuhan dimulai saat kita masih muda.

3 hal yang dilakukan Daniel ini telah menyentuh hati Allah sehingga kemurahanNya turun ketika Daniel diperhadapkan oleh masalah besar di Gua Singa. Mungkin saat ini kamu sedang diperhadapkan oleh banyak masalah atau kamu sedang dalam pergumulan yang berat. Ada banyak masalah yang menghantui anak-anak muda, mungkin kamu berpikir hidupmu sudah habis ketika keperawananmu diambil oleh pasanganmu di masa lalu, mungkin kamu pernah ingin digugurkan oleh orang tuamu diwaktu kecil, mungkin kamu telah melakukan semua hal yang diinginkan oleh orang tuamu namun tidak ada penghargaan sedikitpun dari mereka dan cenderung disalahkan, mungkin kamu kehilangan figur seorang bapak dalam keluarga, mungkin kamu merasa marah ketika kamu tahu bahwa dirimu ternyata anak tiri atau anak pungut, dan mungkin banyak masalah lainnya yang menurut kamu sangat berat. Saya cuma mau katakan hanya kemurahan Tuhanlah yang dapat menyelamatkanmu dari masalahmu. Fokuslah kepada Tuhan dan bukan kepada masalahmu maka kemurahanNya akan turun atasmu. Tahun ini akam menjadi kegirangan bagimu karena kemurahan Tuhan dan pintu kesempatan untuk bangkit telah terbuka lebar bagimu. Lakukan 3 hal ini maka kamu akan lihat perbedaannya. Tuhan Yesus Memberkati

Tidak ada komentar: